Arsip Kategori: How to..

Perpanjang SIM di SIM Keliling

Buat teman-teman yang sudah memiliki SIM dan usia SIM-nya udah 5 tahun, maka bersegeralah kalian tobat, eh, segeralah kalian perpanjang!

Inget ya temen-temen, perpanjang SIM itu gak boleh kecepetan dan gak boleh kelewatan.

Mungkin temen-temen tipe orang yang rajin, maka perpanjang SIM-nya setahun sebelum kadaluarsa. Nah, itu gak boleh. SIM boleh diperpanjang kalo sebulan lagi mau kadaluarsa.

Wah, gimana kalo lupaan?

Tenang, batas masa berlaku SIM itu sama dengan Tanggal Ulang Tahun. Jadi, kalo masih lupa aja, itu mah kebangetan. Jadi patokannya, kalo sebentar lagi udah mau ulang tahun, cek SIM-nya. Nah, karena usia SIM itu 5 tahun, maka paling banter kalian cuma bakalan 5 kali nge-cek SIM.. Jangan sampe yang tau duluan kalo SIM kadaluarsa adalah pak Polisi hehehe..

Dan jangan sampe kadaluarsa, karena kalian harus mulai dari awal. Test ini itu dan lain-lain. Dan pastinya gak bisa di SIM Keliling!

Nah, kali ini, gw mau berbagi pengalaman perpanjang SIM di SIM Keliling!

Apaan itu SIM Keliling?

Baca lebih lanjut
Iklan

Belanja di Alibaba.com menggunakan Jasa Pengiriman DHL

Halo semua.. Gak kerasa udah lama juga gw gak nulis di sini. Nah, mumpung gw ada bahan tulisan yang bagus, gak ada salahnya gw share di sini.

Ya, sesuai judulnya, kali ini gw akan share pengalaman gw belanja di alibaba.com menggunakan Jasa Pengiriman DHL. Hmm, sebenernya sih bukan “gw”, lebih tepatnya perusahaan gw, CV MERZ Engineering. Ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang Mechanical, Electrical dan Automation. CV MERZ Engineering bisa mengerjakan Design dan Engineering, Instalasi, Commissioning dan suplai material. Loh, kok jadi ngelantur.. Lebih jelasnya kalian klik aja https://merz.co.id, iklan dikit gak apa apa kan? hehe..

Oke, kita kembali ke topik ya..

CATATAN:
Ini bukan kisah sukses ya.. Gw baru nyobain pertama kali, dan dari sini ada banyak hal yang akhirnya gw pelajari..

Latar belakang ceritanya adalah, perusahaan gw (CV MERZ Engineering) dapat order untuk suplai material ke customer. Kebetulan, merk yang harus disuplai adalah produk China. Awalnya kita sudah dapat info barangnya dari distributor lokal, tapi pas dapat order, eh ternyata barang sudah out of stock.. Hadeeh..

Terpaksa deh belanja langsung dari negara api, eh negeri China..

Cara yang paling gampang adalah, lewat alibaba.com. Cukup buka aplikasi, search materialnya, eh langsung dapat kontak produsen produk tersebut. Lalu apa yang harus dilakukan?

Baca lebih lanjut

Pindah Alamat KTP, Sulitkah?

Mengurus pindah alamat KTP tidak sulit, tapi ya, memang melelahkan dan butuh kesabaran.

Halo semua.. Kali ini, gw mau berbagi cerita tentang proses pindah alamat KTP, khususnya untuk daerah DKI Jakarta. Tapi seharusnya, semua daerah memiliki proses yang sama (mungkin hanya “bumbu”-nya yang berbeda heee).

Latar Belakang

Karena suatu alasan, gw harus pindah alamat dari kelurahan A ke kelurahan B. Sebenarnya, alamat baru gw gak jauh dari alamat lama. Hanya membutuhka waktu 30 menit berjalan kaki dan bisa jadi 40 menit dengan angkot (karena kalo pake angkot harus muter-muter haha). Meskipun pada dasarnya gw cuma nyeberang Jalan, tetap saja gw harus berganti alamat. Jadi, mau gak mau gw juga harus mengganti alamat di KTP (karna gw warga yang taat peraturan 😀 .. ).

Yang semua harus dan pasti sudah paham, mengganti alamat KTP berarti juga mengganti fisik KTP dan juga mengganti Kartu Keluarga.

Prosesnya.. Baca lebih lanjut

Memindahkan kontak dari Windows Phone ke Android Xiaomi Redmi 4X

Halo.. Jarang-jarang sebenernya gw nulis artikel seperti ini. Tapi karena gw sempet frustrasi dan berharap orang lain gak ngalamin hal yang sama, maka kenapa enggak gw share pengalaman gw.

Background Story

Gini ceritanya.. Sebelumnya, gw pake Handphone Samsung dan Nokia 820 Windows Phone. Dan kalian bisa tebak.. Nokia 820 gw sudah termasuk jadul kalo gak boleh disebut fosil. So.. Gw harus migrasi. Sayangnya, Windows Phone sudah “terlelap” jadi terpaksa pake Android lagi buat Handphone kedua gw. Baca lebih lanjut

Mengintip Demokrasi di Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara yang paling getol mengkampanyekan sistem Demokraksi ke seluruh dunia. Mungkin dia merasa dirinya sebagai negara paling demokratis atau mungkin berharap menjadi polisi demokrasi dunia. Entahlah.

Tapi, pasti penasaran juga kan bagaimana “dalaman”-nya demokrasi negeri Paman Sam?

Yuk ah, kita intip dikit.. Baca lebih lanjut

Cara Sederhana Memahami Kulkas

Kenapa kulkas bisa dingin.. Bahkan ada bagian yang bisa membekukan air (freezer)?

Yuk kita cari tau.. Dengan cara yang paling gampang tentunya..

OK, kita mulai dengan percobaan 1:
Coba kita tetesin air ke tangan kita. Apa yang kita rasain?
Dingin..! Ya, bener..! Dingin..! (Selain basah pastinya..)

Kenapa kok dingin?
Karena, saat air menguap, air menyerap panas. Sehingga, meninggalkan rasa dingin di tangan kita.

Lanjut ke percobaan 2:
Sekarang yang kita teteskan adalah alkohol (Alkohol ya, bukan minuman ber-alkohol..!). Apa yang kita rasain?

Ya.. Lebih dingin dari air..!
Kenapa?

Karena, alkohol menguap disuhu yang lebih rendah dari air. Misalkan air menguap disuhu 30 derajat, maka Alkohol bisa menguap disuhu 5 derajat doank.. (Ini cuma misal ya.. Aslinya, gw gak tau.. ^_^).

Nah, prinsip diatas-lah yang digunakan oleh Kulkas..!
Horeee.. Dah ngerti kan? Eh, belum dink.. Lanjuuuut kalo gitu..

Ok, kalo tadi pake percobaan, sekarang kita menghayal sejenak..

Bayangkan, ada mahluk ruang angkasa (alien) yang hidup di dekat matahari. Karena sangat dekat dengan matahari, planetnya bersuhu 200 derajat celcius.. Menurut mahluk itu, suhu 200 derajat celcius, adalah suhu yang paling nyaman. (Seperti suhu 25 derajat celcius bagi manusia lah..)

Suatu ketika, alien itu jalan-jalan dan tiba-tiba menemukan seember air. Yah, karena karakter air mendidih disuhu 100 derajat celcius, tentu saja air yang dia lihat di ember dalam kondisi mendidih..

Tapi, si alien memang kurang kerjaan, dia mencelupkan tangannya ke dalam ember.. Dan si alien pun berteriak..
“Duiiingiiiin..! Wah, dingin..!”

Kasus ini, sama dengan kita mencelupkan tangan kita ke seember Nitrogen Cair. Karena Nitrogren cair mendidih di suhu -196, maka jika kita letakkan ember itu di kamar, maka nitrogren cair itu akan mendidih. Tapi saat kita mencelupkan tangan kita ke ember, maka tangan kita akan langsung membeku..!

Nah, dengan percobaan-percobaan dan imajinasi kita tadi, kita bisa dengan mudah memahami cara kerja Kulkas.

Kulkas modern, akan menggunakan refrigant-nya (cairan pendingin seperti nitrogen cair tadi), berulang-ulang. Selama tidak ada kebocoran di pipa kulkas, maka refrigrant tadi bisa digunakan kembali untuk mendinginkan dan seterusnya dan seterusnya..

Nah, untuk tau prosesnya, kita masih akan menggunakan kasus alien sebelumnya..

Si alien mengukur air dalam ember yang mendidih tadi bersuhu 100 derajat celcius. Dan si alien, juga berusaha mengumpulkan uap dari air yang mendidih tadi ke dalam kantung yang besar. Dan ternyata, uap air itu bersuhu 200 derajat celcius (sama dengan suhu planet).

Saat semua air diember menguap habis, maka seluruh air tersebut telah berubah menjadi Uap air yang dikumpulkan dikantong besar. Selanjutnya, si alien memasukkan uap tadi kedalam mesin kompres terbuat dari tabung besi. Dalam proses peng-kompres-an ini, suhu uap air menjadi 400 derajat celcius. Dan besinya pun ikut menjadi panas bersuhu, 400 derajat celsius.

Saat si alien menyentuh tabung besi itu, si alien merasa kepanasan. Karena, suhu tabung besi itu, lebih tinggi dari suhu planet mereka yang hanya 200 derajat celsius.

Kemudian, si alien mebiarkan tabung besi itu kena udara dan angin planet mereka. Sehingga, panas dari tabung besi tadi dibawa angin. Akhirnya, suhu tabung besi tadipun turun kembali menjadi 200 derajat celsius (sama dengan suhu planet). Dan uap yang ada didalamnya pun kembali menjadi air tapi air yang ter-kompres.

Kemudian, alien tadi, mengeluarkan kembali air tadi ke ember. Dan tentu saja, air itu kembali mendidih dan menguap.

Uap air tadi dikumpulkan kembali, di-kompress lagi, dan seterusnya dan seterusnya..

Sekarang, kita kembali ke dunia nyata. Kita lihat kulkas kita.

Alien = kita.
Suhu di planet alien = suhu udara kita.
Air di ember = (kita ganti dengan) amonia murni yang mendidih disuhu -33 derajat celsius.

Pertama (1):
Kompressor kulkas, mengkompres gas amonia. Suhu Gas yang telah dikompress pun naik.

Kedua (2):
Pipa-pipa dibelakang kulkas, membiarkan gas amonia yang panas karena dikompress tadi, kena angin (tapi didalam pipa ya, jadi gak kemana-mana). Akhirnya, gas yang ada dalam pipa tadi pun menjadi dingin dan berubah menjadi cairan namun dalam kondisi terkompres.

Ketiga (3):
Cairan amonia yang sangat terkompres tadi, dialirkan ke pipa yang berada dalam kulkas melewati “expansion valve”. Expansion valve, bisa dibayangkan sebagai lubang kecil penghubung yang disalah satu sisinya merupakan bertekanan tinggi sedangkan disisi lainnya bertekanan rendah (karena kompressor menyedot gas yang ada di sisi tersebut).

Keempat (4):
Karena tidak bertekanan, cairan amonia pun mendidih disuhu -33 derajat celcius. Hal ini membuat suhu didalam kulkas pun menjadi dingin.

Kelima (5) Gas amonia yang dingin tadi, disedot oleh kompresor dan proses pun berulang..

Catatan:
Amonia murni sangat beracun, karenanya semua kulkas rumah, tidak ada yang menggunakan amonia murni. Dan diganti dengan CFC-12 yang memiliki suhu didih sama dengan amonia murni.
Namun, ditahun 1970, diketahui CFC dapat merusak ozone. Karenanya, CFC diganti dengan (untuk sementara) HCFC yang memiliki efek lebih sedikit terhadap ozon.
Di dunia industri, masih menggunakan amonia murni.