Perpanjang SIM di SIM Keliling

Buat teman-teman yang sudah memiliki SIM dan usia SIM-nya udah 5 tahun, maka bersegeralah kalian tobat, eh, segeralah kalian perpanjang!

Inget ya temen-temen, perpanjang SIM itu gak boleh kecepetan dan gak boleh kelewatan.

Mungkin temen-temen tipe orang yang rajin, maka perpanjang SIM-nya setahun sebelum kadaluarsa. Nah, itu gak boleh. SIM boleh diperpanjang kalo sebulan lagi mau kadaluarsa.

Wah, gimana kalo lupaan?

Tenang, batas masa berlaku SIM itu sama dengan Tanggal Ulang Tahun. Jadi, kalo masih lupa aja, itu mah kebangetan. Jadi patokannya, kalo sebentar lagi udah mau ulang tahun, cek SIM-nya. Nah, karena usia SIM itu 5 tahun, maka paling banter kalian cuma bakalan 5 kali nge-cek SIM.. Jangan sampe yang tau duluan kalo SIM kadaluarsa adalah pak Polisi hehehe..

Dan jangan sampe kadaluarsa, karena kalian harus mulai dari awal. Test ini itu dan lain-lain. Dan pastinya gak bisa di SIM Keliling!

Nah, kali ini, gw mau berbagi pengalaman perpanjang SIM di SIM Keliling!

Apaan itu SIM Keliling?

Wah, kalian kemana aja? hehe.. Becanda..

Polisi itu punya mobil gede yang di dalamnya ada petugas untuk mengurusi perpanjangan SIM. Nah, mobil gede ini biasanya nge-tem di tempat-tempat tertentu sesuai jadwal dari Kepolisian. Jadi, kita gak harus ke kantor polisi untuk ngurus perpanjangan SIM. Tapi kalo kantor Polisi untuk perpanjangan SIM-nya lebih deket daripada lokasi Mobil SIM Keliling, ya mendingan ke Kantor Polisi aja wkwk..

Kalau kalian pengen tau dimana lokasi SIM Keliling, googling aja dengan keyword “#SIMKELILING”. Pasti ketemu dah.

Nah, gw udah nyobain nih perpanjang SIM di SIM Keliling. Dan ini pertama kalinya nih. Dan pastinya, gw bingung mesti bawa perlengkapan apa aja.. Apakah perlu bawa ijasah? Atau akta kelahiran? hehe

Ternyata, perlengkapannya simpel..

Pertama, pastikan kalian berpakaian yang rapi. Kalo bisa, sekeren mungkin dah. Bila perlu, potong rambut dulu biar cakep. Pake Pomed bila perlu. Atau rapiin brewok kalo punya. Atau pilih jilbab yang imut, ini khusus buat cewek ya.

Tenang, ini bukan keharusan dari kepolisian kok, tapi demi kepentingan kalian sendiri.

Kalian pasti gak mau kan 5 tahun menyesali Foto kalian di SIM wkwk..

Kedua, bawa KTP dan SIM lama kalian! Dah, itu aja.. Jangan sampe kalian mau perpanjang SIM, tapi malah lupa bawa SIM lama. Hadeeeh.. Dan ini kejadian beneran loh..

Sip.. Pastiin 2 hal di atas sudah kalian persiapkan dengan matang, barulah kalian jos ke TKP..

Kalau udah sampai di lokasi, segera datangi petugas yang duduk (kadang berdiri sih kalo lagi jenuh hehe), dan bilang mau perpanjang SIM. Kalo ada orang lain yang duluan, ya jangan nyerobot. Budayakan antri Bro..

Bisa jadi ini akan berbeda antar satu tempat dengan tempat yang lain, tapi di tempat gw, Petugas meminta KTP dan SIM lama gw. Trus, KTP gw dia tempeli kertas tempel dan gw diminta menuliskan nomor telpon.

Abis itu, jangan berdiri aja.. Bukan apa-apa, ntar capek..

Biasanya, antrian panjang. Tapi tenang, pak Polisi udah nyiapin kursi plastik buanyak. Dan biasanya, mobil SIM Keliling nge-tem nya di tempat yang rindang. Jadi kita bisa duduk di bawah naungan bayangan pohon di sertai angin semilir yang segar..

Abis itu, pak Polisi akan memanggil sekitar 5 orang buat antri di depan pintu Mobil SIM Keliling. Nah, kalo udah dipanggil, jangan bandel. Langsung berdiri dan bikin barisan antrian sesuai urutan.

Kenapa harus sesuai urutan?

Ya kan ini antrian, ya harus sesuai urutan. Kalo kalian tetep nanya aja, berarti kalian termasuk tipe orang yang suka nyerobot pasti neh.. Hmm..

Hehehe..

Tapi.. Ya emang ada maksudnya. Karena petugas yang ada di dalam, udah nyiapin berkas SIM-nya sesuai urutan itu.

Oke, kita lanjut.

Ketika sudah ada orang yang keluar, maka langsung masuk. Nanti ada 3 tempat duduk di sana. Tenang, petugas yang di dalam bukan Polisi. Mereka adalah pegawai staff, jadi kalian jangan takut ditangkap wkwk..

  1. Tempat duduk untuk test warna. Pertama kali masuk Mobil, kalian akan di test warna. Jangan lupa bayar 25ribu (ini sebenernya test kesehatan..). Kalau udah kelar, diam aja dulu, tunggu orang yang masuk duluan keluar.
  2. Kalau yang udah masuk duluan keluar, maka akan dipanggil sebuah nama. Tenang, itu bukan kalian, tapi orang sebelum kalian. Orang yang dipanggil akan pindah tempat duduk, dan kalian harus pindah ke tempat duduk kedua. Tenang, di situ kalian cuma nunggu sambil bengong aja kok wkwk..
  3. Kalo orang sebelum kalian selesai, nama kalian akan dipanggil, maka kalian harus pindah ke tempat duduk ketiga. Jangan lupa rapikan pakaian, rambut dan wajah biar cerah haha. Karena kalian akan di Foto, trus sidik jari jempol kanan dan tanda tangan. Kebetulan ditempat gw, petugasnya kocak banget. Jadi kalo tampang kalian jelek, pasti dikasih tau buat benerin wkwkwk.. Oya, kalo kalian perpanjang 2 SIM sekaligus, misalkan A dan C, maka kalian harus foto, sidik jadi dan tanda tangannya 2x.. Petugas akan minta duit, tapi gw lupa berapa. Tapi gak banyak kok, cuma buat ongkos cetak dan biaya asuransi aja.

Dan gak lama SIM akan dicetak. Dan selesai.. Petugas akan ngasih SIM dan ngembalikin KTP kalian. Selain itu, ada kartu Asuransi juga.

Jangan lupa bilang terima kasih ya.. Dan ketika keluar, jangan lupa sapa dan ucapkan terima kasih ke pak Polisi yang jaga di luar..

Kenapa?

Kok masih tanya kenapa. Sebagai orang timur kalian harus tau tata krama toh.. Gimana sih..

Dah, gitu aja sharing gw tentang perpanjang SIM di SIM Keliling. Semoga bermanfaat ya..

Oh iya, buat kalian yang belum punya SIM, jangan ke SIM Keliling. Ini tempat buat perpanjang SIM aja, BUKAN BIKIN SIM!!

Tambahan: Ingat, ada SIM KELILING ada juga STNK KELILING. Jangan salah tempat. Jangan perpanjang SIM di STNK KELILING! Kalo masih salah juga, mesti belajar baca dulu keknya hehehe.. Peace ah..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s