Arsip Bulanan: Januari 2008

pusing… eh Map Basic…

Map Basic 7.0

Gara-gara pusing kerjaan, gw jadi kenal ama yang namanya MapBasic …

Yah, semua berawal dari kerjaan menjemukan make Map Info dan kerjaan yang nge-buat gw mesti ngira-ngira di-titik mana di peta bahkan seberapa besar coverage nya..! Sedangkan yang gw punya cuma tabel dalam XLS, so gw mesti import XLS ke Map Info.. Masalahnya, kerjaan ini bakal ribet kalo semua serba manual..! Akhirnya gw nyerah dan nge-luangin waktu buat otak-atik programming yang di sebut Map Basic… Fuiih…

Map Basic itu sebenernya mirip Visual Basic for Aplication di Excel.. Fungsinya mirip Macro.. Tapi yang ini buat Map Info..

So, dengan Map Basic, kita bisa otomatisasi di Map Info. Kita juga bisa nambahin, ngurangin, modifikasi menu-menu yang ada di Map Info. Intinya, kita bisa nge-buat Map Info lebih sesuai dengan kebutuhan kita… Masalahnya, gimana caranya..?

Pertama : kita mesti tahu, terbiasa, familiar dulu dengan Map Info

Kedua : kita sudah punya basic Programming.

Ketiga : kita punya software Map basic.

Keempat : niat.. hehehe

Ok… kalo semua dah ada.. Kita mulai…

Diawali dengan..

bersambung aja dulu ya…

Iklan

..kemana gw melangkah..?

a long journey

Gw paling suka tidur.. Kalo boleh bilang, “sleep” is my favorite hobby..! Tapi kayaknya ini sudah jadi masa lalu gw, karena entah kenapa.. gw ga bisa tidur lama sekarang..
Dan akhir-akhir ini, gw jadi percaya ama yang namanya “Jam Biologis”. Gimana nggak..?? Kalo gw mulai tidur jam 11 malem, maka jangan harap gw bisa bangun lebih siang dari jam 6..! Dan kalo gw mulai tidur jam 10, maka jam 5 pagi, badan gw kayak mulai berontak buat bangun.. Biarpun, perasaan masih pengen tidur..

Dan setelah itu, gw ga bakalan bisa tidur lagi! Kecuali kalo udah kecapean.. Dan kalo gw paksaiin buat tidur..? Maka kepala jadi pusing, badan jadi ga enak dan pokoknya berat dah..!

Lama-lama gw jadi mikir, kenapa begitu..?

Gw ambil positipnya aja… Kayaknya akhir-akhir ini gw dilarang untuk males-malesan. Gw harus memanfaatkan waktu gw semaksimal mungkin. Tidur, sesungguhnya bukan hobby, tapi kesempatan gw untuk recovery. Dan sepertinya, waktu recovery itu gak lebih dari 6 jam!

Dan gw juga ga pernah tau berapa lama perjalanan hidup gw.. Mungkin masih lama, mungkin juga tinggal sebentar.. Tapi berapa lamapun itu, gw harus manfaat-in. Gw harus lebih kreatif, lebih energik dan ga boleh menyerah..

Gw harus selalu memulai sesuatu yang baru. Dan ketika gw telah memulai sesuatu, maka gw harus nyelesai-in sampai finish.. Gw harus memiliki prestasi dalam hidup gw..

Kemana gw melangkah, harus gw selesai-in dengan baik..

Guys, help me to step my long journey..

🙂