Pengalaman Belanja International di Lazada, Amankah?

Halo sobat semua, tulisan kali ini gw mau berbagi pengalaman belanja barang international, lebih spesifiknya barang dari Cina di marketplace Lazada.

Eh, jangan-jangan ada sebagian dari kalian yang belum tahu kalau kita bisa belanja barang dari Cina di Lazada? Padahal, gak cuma Lazada loh, marketplace boyongan dari Cina semisal JD.ID juga kok. Karena memang Lazada dan JD.ID itu marketplace boyongan dari negeri Panda, so pasti bisa banget beli barang-barang dari Cina.

Pertanyaan pertama kalian pastinya adalah, aman gak sih?

Oke, gw jawab singkat, aman! Tapi.., Nah loh ada tapinya haha.. Pokoknya baca dulu deh pengalaman gw di bawah, abis itu kalian simpulkan sendiri..

Sebelum kita mulai, jika nanti artikel ini bermanfaat untuk kalian, boleh dong bantu supaya blog ini tetap online dan update. Caranya gampang kok, cukup klik pada Iklan yang muncul aja..

Kita mulai dengan alasan, kenapa gw harus beli barang dari Cina?

Gw cari barang yang bahannya sesungguhnya cuma dari plastik tapi di pasar lokal harganya 250 ribu rupiah, sedangkan di pasar Cina harganya cuma 80 ribu rupiah. Gak nasionalis banget ya? Hahaha..

Tapi jangan salah ya, barang yang dijual lokal itu pun, juga ngambilnya dari Cina juga! Jadi, gw cari di Tokopedia, barang yang sama persis harganya 250 ribu rupiah, trus gw cari di Lazada harganya 80 ribu rupiah tapi pasar International. Padahal, meskipun pasar international, ongkos kirimnya ternyata tetap sama persis layaknya beli barang pasar lokal. Nah loh..

Ketika gw bandingin; harga cuma seperempatnya sedangkan ongkos kirim sama persis, ya sudah, gw ambil resiko beli di Lazada pasar International (Cina).

Apakah cara belanjanya beda?

Cara belanja barang dari Cina di Lazada sama persis dengan kita belanja barang pasar lokal. Kebetulan gw sudah sering belanja di Lazada tapi barang-barang di pasar lokal sehingga gw sudah tahu dan paham cara-caranya. Nah, belanja di pasar International pun sama persis. Gak ada perbedaan sama sekali.

Lalu apa bedanya?

Oke kita lanjut ceritanya aja ya..

Setelah gw pilih barangnya, selanjutnya gw check out dan bayar dengan metode yang biasa gw lakuin yaitu transfer bank (kebetulan gw pakai BCA). Di sini, gak ada perbedaan sama sekali.

Setelah melihat waktu pengiriman, barulah terlihat perbedaanya. Belanja dari Cina, ternyata butuh waktu antara 1 sampai 2 pekan! Tapi itu cuma perkiraan ya, karena itu yang tertulis. Kenyataannya bisa berbeda.

Ya sudah, karena sejak awal gw sudah putuskan untuk ambil resiko, ya gw menyabarkan diri.

Hari berlalu dan 2 pekan terlewati dan muncul pesan di Lazada, “Pesanan anda dibatalkan!”

Gw cuma bisa tertawa sendiri. Ya, ya, ya.. Gw kudu sabar.. Mangkel ya mangkel, tapi kudu sabar.. Wkwkwk..

Untungnya.. (selalu positip, selalu untung wkwk..), uang-nya dikembalikan oleh Lazada. Tapi karena gw belum pernah input nomor rekening di akun Lazada, maka uang dikembalikan sebagai Voucher. Nah, Voucher ini bertahan selama 1 tahun, bisa dibelanjakan lagi atau dicairkan. Untuk mencairkan, kita harus memasukkan nomor rekening tujuan dan data lainnya. Proses pencairan gak lama, 3-5 hari kerja..

Lah, berarti belanjanya gak sukses?

Eits, entar dulu.. Belum selesai ceritanya..

Ternyata, gw masih ada kesalahan dibelanja sebelumnya. Ada satu langkah yang belum gw lakuin tapi itu butuh ketelitian kita.

Jadi, gw masih belum putus asa. Gw coba belanja lagi tapi di toko yang berbeda. Beda harga Seribu rupiah lebih mahal, gak apa-apalah.

Dan ternyata, setelah kita melakukan pembayaran, dan sudah dikonfirmasi sama Lazada, sehari kemudian ada pesan dari penjual yang meng-konfirmasi apakah alamat sudah benar dan sesuai?

Nah, disitulah gw terlewat karena gw jarang buka pesan. Jadi, seharusnya gw klik Confirm!

Dan seperti sebelumnya, jangka waktu pengiriman perkiraan masih sama, 1-2 pekan..

Proses Pengiriman

Gw selalu pelototin status pengiriman hari per hari. Berharap ada perubahan status wkwk..

Ternyata, butuh waktu 7 hari sejak konfirmasi pembayaran sampai barang diambil oleh kurir logistik. Kemudian, butuh 1 hari untuk sampai ke pusat logistik Cina. Selanjutnya, butuh 1 hari lagi untuk diserahkan ke bagian pengiriman udara. Dan butuh 2 hari untuk sampai di Indonesia.

Untuk melacak paket Lazada, silakan masuk ke website: tracker.lel.asia

Di Indonesia, barang akan diperiksa oleh Bea Cukai dan butuh 1 hari. Kemudian dikirim ke pusat logistik LEX Express butuh 1 hari. Kemudian dikirim oleh kurir butuh 1 hari.

Ternyata, barang sampai di tangan gw sesuai prediksi waktu pengiriman yang tertera di website Lazada.

Kesimpulan..

Jadi, kesimpulan pengalaman gw belanja barang di pasar Cina via Lazada adalah:

  1. Caranya gampang banget dan ongkos kirim sama dengan belanja barang pasar lokal.
  2. Pastikan lakukan konfirmasi ketika diminta konfirmasi alamat tujuan apakah sudah benar (sering-sering cek pesan di Lazada).
  3. Waktu pengiriman lebih lama, tapi ada prediksi rentang waktunya. Jika tidak ada kendala di Bea Cukai, kemungkinan akan sesuai rentang waktu yang diprediksikan.
  4. Transaksi AMAN, karena jika gagal dikirim, uang akan dikembalikan oleh Lazada.

Oke, itu dia sharing pengalaman gw belanja barang dari Cina via Lazada. Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s