Arsip Bulanan: Februari 2011

Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntansi (Bagian 2)

Hai..

Bagian 2 belajar akuntansi neh..

======================

Serial “Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntasi” ini terdiri dari beberapa bagian yang membahas:

  1. Persiapan
  2. Jurnal Umum
  3. Buku Besar
  4. Neraca Saldo
  5. Jurnal Penyesuaian
  6. Update Buku Besar
  7. Laporan Laba Rugi
  8. Jurnal Penutup
  9. Update Buku Besar (lagi)
  10. Laporan Perubahan Modal
  11. Neraca

======================

.

Sebelum ngelanjutin baca artikel ini, pasti-in udah baca yang Bagian 1 dulu. Kalo enggak, ya tanggung sendiri kalo kepalanya senut-senut..

Pada bagian 2 ini, ternyata CV. SENYUM telah memulai bisnis setahun yang lalu. Tapi sayangnya, belum membuat Pencatatan akuntansi. CV. SENYUM memulai bisnisnya pertanggal 1 Maret 2010. Dan, per tanggal 31 Desember 2010, CV. SENYUM harus tutup buku. Sesuai permintaan, CV. SENYUM ingin periode pembukuannya adalah dari Januari s/d Desember tiap tahunnya.

Nah, tugas kita adalah, membantu CV. SENYUM untuk menyusun Pembukuannya.

Baca lebih lanjut

Iklan

Cara Orang Awam Belajar Dasar Akuntansi (Bagian 1)

Halooooooooo…

Wah, lama banget gak ketemu..

Mohon maaf ya.. Pasti kangen kan kekeke..

Kali ini, gw mau sharing tentang sesuatu yang, gw susaaaah banget buat memahami. Padahal, cuma pengen sekedar tahu, tapi kok gak ngerti-ngerti juga. Hingga akhirnya, ada secercah cahaya (halah) yang membuat gw sedikit ngerti, tentang hal paling dasar dari AKUNTANSI.

Nah, biar yang sedikit tadi gak langsung menguap, buru-buru deh gw tulis disini.

Baca lebih lanjut