Belanja di e-bay dengan Global Shipping Program

Hi semua, gw mau sharing tentang pengalaman gw belanja di e-bay menggunakan Global Shipping Program. Apa itu Global Shipping Program? Well, lanjutin baca dan kalian bakal tahu maksudnya..

Kenapa gw harus belanja di e-bay?

Yang pasti, alasannya bukan untuk gagah-gagahan atau gaya-gayaan. Alasannya simple, karena gw udah ubek-ubek google gak nemu yang jualan Keranjang Bola Tennis yang gw mau. Ada yang jual di Bukalapak tapi cuma boong-boongan. Barang gak datang, bahkan gak ada respon dari penjualnya. Untungnya, ada jaminan uang kembali dari Bukalapak.

Terpaksa googling dari luar negeri.

Amazon.com

Barang yang gw cari banyak tersedia di Amazon.com dan harga-nya pun masih masuk. Tapi sayangnya, buat orang Indonesia beli di Amazon.com itu sedikit ribet. Pas barang yang cocok udah dapat, eh ternyata penjual gak menerima pengiriman Over Seas (Luar Negeri) salah satunya ke Indonesia. Ya sama aja boong kan?

Ada cara lain yaitu pake Weshop.com, dimana kita bisa belanja di Amazon.com dan bisa dikirim ke Indonesia. Tapi sejujurnya, gw belum coba karena gak familiar. Gw lebih pilih cari di e-bay.

Emang e-bay gak lebih ribet dibanding amazon.com?

Nah, di sini kelebihannya kalo belanja di e-bay. Ada program yang dimiliki e-bay untuk pembeli international kek gw. Namanya, Global Shipping Program. Jadi, seandainya pun penjual gak bisa kirim Over Seas, kita bisa pake Global Shipping Program dari e-bay buat ngirim ke Indonesia!

Konsepnya sederhana.

Kita transaksi dengan penjual di e-bay. Penjual akan kirim barang belanjaan kita ke Global Shipping Center milik e-bay. Dan selanjutnya, menjadi tanggung jawab e-bay, melalui Globang Shipping Program, untuk mengirimkan Over Seas.

Global Shipping Program akan mengirimkan barang kita menggunakan Ekspedisi internasional menuju alamat kita.

Bagaimana biaya Bea Cukai dan lain-lain?

Pertama, yang harus teman-teman pembaca pahami, peraturan baru di Indonesia, batas impor barang yang tidak dikenai Bea Masuk adalah $100 atau kurang lebih Rp. 1.300.000,-. Tapi ingat, ini harga CIF (Cost, Insurance, Freight) atau harga yang sudah termasuk harga barang + Asuransi + Biaya Kirim.

Jadi, jika barang kalian harga CIF-nya masih dibawah nilai $100 maka aman melenggang dari Kantor Bea Cukai (Customs).

Dan kedua, Global Shipping Program juga menghitung biaya Bea Masuk sekaligus dalam hitungan biaya kirim-nya. Artinya, kita terima beres. Sayangnya, gw belum bisa buktiin karena barang yang gw beli masih dibawah $100 termasuk biaya kirimnya.

Apakah dikirim sampai depan pintu?

Enggak juga. Kadang di samping pintu.. Hee

Yup.. Berdasarkan pengalaman, barang langsung sampai di alamat rumah. Dan proses pengirimannya tidak hanya menggunakan satu Perusahaan Ekspedisi. Dalam kasus belanjaan gw, setidaknya pake 3 kurir. Dari penjual ke Global Shipping Center (di Amerika sono) pake UPS. Sedangkan dari Global Shipping Center ke Indonesia FedEx dan sampe alamat rumah pake RPX..

Jadi, jangan heran kalau kalian akan mendapatkan 2 nomor Tracking Number. Tapi gak langsung dapat 2 ya.

Awal-awal muncul 1 nomor Tracking Number pengiriman dari UPS. Baru setelah sampai di Global Shipping Center, muncul Tracking Number kedua dari Global Shipping Program (biasanya depannya UPB). Ketika kalian buka Tracking Number yang kedua, akan berisi penjelasan lewat kurir apa barang dikirim dan didalamnya juga berisi Tracking Number milik kurir tersebut.

Jadi total ada 3 Tracking Number!

Berapa lama?

Ini yang menarik. Gw pikir bakal lama karena kebetulan gw belanja di akhir bulan Desember menjelang Natal. Harusnya itu hari-hari paling sibuk. Tapi kenyataanya, gak selama yang gw bayangin.

Ketika kita selesai transaksi, kita akan diberikan estimasi kapan barang akan sampai ke alamat. Kalo gw sih, menanamkan dipikiran gw, pasti akan lebih lama dari yang tertulis (berdasarkan pengalaman gw sebelumnya).

Tapi ternyata bisa lebih cepat!

  • Gw belanja dan bayar di Tanggal 13 Desember 2017. Dan katanya, barang akan sampai tanggal 7 Januari 2018.
  • Barang sampai di Global Shipping Center Tanggal 18 Desember 2017 dan dikirim ke alamat Tanggal 19 Desember 2017.
  • Barang sampai di alamat tanggal 27 Desember 2017.

Lebih cepat dari yang dijanjikan.

20180105_112520

Dan itulah pengalaman gw belanja di e-bay dengan Global Shipping Program. Dan ini adalah kesekian kali saya belanja di e-bay yang tentunya ada berbagai jenis pengalaman menyertainya.

Oya, ternyata.. Pas udah terima barangnya, penjualnya adalah penjual yang jualan di amazon.com juga (karena ada label amazon.com-nya stiker packing) hehe.. Entah perjanjian apa yang dimiliki e-bay dan amazon.com.

Oke.. Semoga bermanfaat ya teman-teman semua.. See ya..

Iklan

2 thoughts on “Belanja di e-bay dengan Global Shipping Program

  1. Jndo

    Wah .. nice info gan 🙂
    Ni ane ya lagi nyoba beli barang di ebay untuk pertama kali’nya (..dan agak nekat ..lol).
    Belanja tgl 6 Jan 2018 (est. 29 Jan 2018), skrg msh nyangkut di becuk Soetta (per tgl19 Jan 2018 – ane pake GSP ebay, nilai barang $140, ongkir $ 39.33, import charge $ 106.99 -> total itung sendiri yah :P).
    Pertanyaan… dari pengalaman agan, brp lama tuh barang nyangkut di becuk? Trus, pas nyampe rumah, ada ‘fee’ tambahan ga dr kurir (fedex/RPX)?
    Yang ane beli, barang baru sih, bkn second ato refurbished … denger2 kalo barang 2nd/refurb agak susah (bahkan ditolak) di becuk.. bener gt yah?
    Mohon di share ilmu’nya, biar ikutan sakti .. tengkyuw gan 🙂

    Balas
    1. ngarasan Penulis Tulisan

      Ane dulu pernah belanja barang di ebay yang harganya di atas batas Free Bea Masuk. Waktu itu batasnya masih $50. Dan gak pake GSP. Ternyata, ekspedisi lokalnya pake Pos Indonesia.
      Di sini ribet dan lama. Ane harus proaktif kontak Pos dll yang ternyata harus di ambil di kantor Pos tertentu. Untuk Jakarta Selatan di Fatmawati.
      Kenapa harus ambil sendiri, karena harus ada yang dibayar sebagai bea masuk. Jatuh-nya mahal pisan.

      Sayangnya, ane belum pernah nih yang pake GSP di atas $100 (batas free bea masuk sekarang). Tapi coba agan cek lagi Purchase History-nya. Ada tambahan bea import belum di Shipping Cost-nya.
      Harusnya, GSP udah menghitung bea import di Shipping Cost. Artinya, udah gak perlu ada lagi pembayaran. Dan barang langsung dikirim ke alamat tanpa harus ngambil dan bayar.

      Barang ane yang masih di bawah $100, cuma 1 hari di bea cukai. Kalau di atas itu, mungkin lebih lama. Anggap aja 1 minggu.

      *catatatan: kadang-kadang bea cukai ambil patokan harga barangnya suka-suka. Barang kita beli harga $50 di invoice, kadang bisa aja dianggap $100. Bisa ngajuin keberatan sih, tapi ribet-nya itu.. Akhirnya kebanyakan orang pasrah haha..

      Maaf kalo gak banyak bantu info-nya. Share di comment ya Gan, kalo udah sampai..
      Good luck!!

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s