..DNA gw, DNA elo..

DNA

“Kita tunggu hasil test DNA..!” kata seorang artis terkenal pada beberapa wartawan infotainment.

Kayaknya kata “DNA”, sekarang bukan lagi “makanan”-nya mahasiswa biologi ataupun ilmuwan. Semua orang udah pernah denger bahkan malah sering ngucapin. Tapi sebenernya mereka dah pada tau belum sih “DNA” itu apa..?

Gw makin jadi penasaran saat para artis dah mulai teriak2 “DNA”, yang gw berani bertaruh, mereka gak tau sama sekali apa itu DNA..(kecuali artis yang profesi-nya dokter ya…). Nah gara2 penasaran itu, gw cari2 apa itu DNA.
Tapi masalahnya, penjelasannya “Ilmiah” semua. Gak ngerti…! Terpaksa deh gw coba sederhana-in sendiri…

OK.. ini cara gw ngejelasin DNA…

Manusia itu terdiri dari organ tubuh, dan setiap organ tubuh ini tersusun dari jutaan sel2 bahkan mungkin milyaran.
Kalo kita perbesar ukuran sel ampe ribuan kali, maka sel2 tersebut memiliki inti yang di sebut nukleus.
Dan diidalam nukleus itu terdapat kromosom. Didalam kromosom ini lah DNA tertulis. OK.. Nyambung semua gak tuh..?

Masalahnya.. Kalo kita liat sel manusia, isinya beribet dan rumit… Padahal kan kita cuma pengen tau apa itu DNA kan..?
Nah, cara paling gampang buat mempelajari DNA itu pake sel yang sederhana aja.. Yaitu pake sel Bakteri E-Coli. Lagian bakteri ini kan cuma terdiri dari 1 sel.. So gampang banget ditelitinya…

CATAT: DNA semua mahluk hidup itu serupa…!

Kalo kita obok2, unsur pembentuk kromosom Bakteri E-Coli itu cuma terdiri:

Hidrogen (H)
Karbon (C)
Nitrogen (N)
Oksigen (O)
Belerang (S)
Fosfor (P)

Nah unsur2 itulah yang ngebentuk molekul2 yang dibutuhkan E-Coli yaitu antara laen:

Air (H2O)

Fosfat (PO4)

Gula/Glukosa (C6H12O6)

Polisakarida.
yang berupa Rantai Molekul Gula. Contohnya Kanji, Selulosa dll

Lipid.
yang karakternya minimal salah satu ujung susunan kimianya ditolak air. Didalam sel sebagai pembentuk membran sel. Biasa disebut Lemak hewani/minyak nabati

Asam Nukleat.
yang berupa Rantai nukleotida. Satu nukleotida terdiri dari Gula+Fosfat+Basis. Gula dan Fosfat sambung menyambung sedangkan basis menggantung.
Ada 2 jenis Gula yang menyusun Nukleotida yaitu: Ribosa dan Deoksiribosa
Asam Nukleat dengan ribosa disebut: Ribonucleic Acid (RNA), sedangkan yang menggunakan Deoksiribosa disebut: Deoksiribonucleic Acid (DNA). Nah kan… Dah ketauan kan DNA itu singkatan dari apa..?
Sedangkan Basis ada 5 jenis: A, S, G, T dan U.

DNA memiliki 4 pilihan Basis A (Adenin), S (Sitosin), G (Guanin), T (Timin). Lucunya, A berpasangan dgn T dan G berpasangan dengan S. Pasangan2 ini membentuk Helix Ganda. (Seperti tangga)…
Tiap 3 basis (triplet basis) membentuk “kata” yang disebut Kodon. Setiap Kodon mewakili Asam Amino Tunggal. Nah.. makin ribet neh disini…

Kalo kita bahas DNA, kita sebenernya sedang ngebahas GEN.. Karena sesungguhnya, DNA inilah pembawa GEN pada manusia. Seperti apa diri kita, tergantung dari DNA. Ato lebih akuratnya, seperti apa urutan2 Basis pada DNA tersebut. Lebih pas lagi, seperti apa KODON2 pada DNA kita…

OK.. untuk DNA sampai disini dulu ya… Dah makin mumet.. Ntar kita sambung lagi.. Karena kalo kita bahas DNA, kita juga mesti bahas RNA dan juga Protein.. Dan kalo elo pengen tau, protein inilah sesungguhnya pembentuk tubuh kita… Nah loe…. Seru kan..?

🙂

Iklan

2 thoughts on “..DNA gw, DNA elo..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s